4 Kriteria Suplemen yang Bisa Dikonsumsi saat Hamil

Kriteria Suplemen yang Bisa Dikonsumsi saat Hamil

Selain makanan, produk suplemen bagi ibu hamil juga harus dipilih dengan hati-hati. Blackmores menjadi salah satu merek yang juga mengeluarkan produk vitamin untuk dikonsumsi pada masa kehamilan. Jika Anda masih bingung memilih produk vitamin yang tepat, berikut 4 kriteria yang bisa dijadikan bahan pertimbangan.

  1. Punya Kandungan yang Tepat

Suplemen untuk ibu hamil harus memiliki kandungan yang tepat. Nutrisi yang terkandung dalam produk suplemen harus sesuai dengan kebutuhan ibu hamil. Bukan hanya asam folat dan kalsium, namun ibu hamil juga membutuhkan nutrisi lain. Sebut saja zat besi, yodium, tiamin, vitamin D, vitamin E, vitamin B12, dan lain sebagainya.

Sebelum mengonsumsi produk vitamin untuk ibu hamil, lihat kembali kandungan nutrisi yang terdapat dalam produk tersebut. Itulah mengapa penting untuk berkonsultasi dengan dokter terlebih dahulu. Dokter akan jauh lebih paham tentang kandungan suplemen sehingga akan meresepkan produk terbaik.

  1. Dosisnya Aman

Produk suplemen juga harus memiliki dosis yang aman bagi ibu hamil. Perlu diketahui bahwa kelebihan konsumsi vitamin juga tidak baik. Konsumsi vitamin pada saat mengandung harus tepat dosisnya, tidak lebih dan tidak kurang. Lihat kembali berapa banyak dosis yang harus dikonsumsi dan pastikan keamanannya.

Penting sekali untuk membaca kandungan vitamin satu per satu lengkap dengan dosisnya. Ibu hamil sebaiknya tidak mengonsumsi satu atau beberapa jenis zat nutrisi atau vitamin dalam dosis yang sangat tinggi karena bisa berbahaya. Pastikan semuanya sudah tepat dosis dan tidak akan menimbulkan dampak yang buruk.

  1. Mudah Didapatkan

Suplemen yang dikonsumsi oleh ibu hamil sebaiknya mudah untuk didapatkan. Artinya, Anda bisa membelinya dengan mudah di apotek atau dengan kata lain mudah untuk dijangkau. Biasanya produk suplemen yang direkomendasikan oleh dokter kandungan memang merupakan produk yang mudah untuk didapatkan.

Tak perlu sibuk mencari produk suplemen yang mahal dan berasumsi bahwa produk mahal selalu punya manfaat yang lebih baik. Pemikiran ini salah besar karena harga belum tentu berpengaruh pada kualitas suplemen. Lebih baik konsultasikan saja pada dokter kandungan Anda.

  1. Efek Samping Minimal

Konsumsi vitamin memang bisa menimbulkan efek samping. Sebaiknya, produk vitamin untuk ibu hamil memiliki efek samping yang paling sedikit atau minimal. Risiko timbulnya efek samping setelah mengonsumsi vitamin secara rutin harus sangat rendah.

Hal ini bertujuan agar ibu hamil bisa terus mengonsumsi vitamin dan mendapatkan asupan nutrisi yang tepat. Sebaiknya Anda membaca kembali keterangan produk vitamin yang akan dikonsumsi. Cari tahu lagi apakah ada efek samping yang bisa berdampak buruk bagi kesehatan diri sendiri dan si kecil atau tidak.

Itulah tadi 4 kriteria suplemen yang bisa dikonsumsi oleh ibu hamil. Saat ini produk suplemen ibu hamil bisa didapatkan dengan mudah di apotek maupun toko perlengkapan bayi. Temukan produk yang tepat dan jangan lupa untuk selalu berkonsultasi dengan dokter kandungan Anda.

shares