Apa Sih Beda Robusta dan Arabica?

Apa Sih Beda Robusta dan Arabica?

Sebagian orang yang bukan penikmat kopi tidak tau perbedaan dari kopi Arabika dengan Robusta. Tidak hanya rasanya yang berbeda, keduanya termasuk varietas yang berbeda. Bentuk dan cara penanaman pun tidaklah sama. Lama dan jenis pertumbuhannya juga beda satu sama lain. Berikut ini adalah beda Robusta dan Arabica.

Segi Bentuk

Perbedaan yang mendasar dari keduanya adalah bentuk bijinya. Spesies kopi robusta umumnya berbentuk lebih kecil dan lebih bundar. Warnanya cenderung lebih pucat dan sedikit terang. Terdapat bentuk lipatan pada bagian tengah namun kurang terlihat jelas. Untuk Arabika bentuknya oval dengan ukuran lebih besar dan garis lipatan lebih terlihat jelas.

Tempat Tumbuh

Kedua varietas jenis kopi ini tumbuh di ketinggian yang berbeda satu sama lain. Kopi Arabika harus ditanam di tempat yang lebih tinggi untuk menghasilkan rasa asam. Karena rasa asam adalah karakteristik umum dari kopi Arabika. Berbeda dengan kopi robusta yang meskipun berada di ketinggian, rasa kopi akan tetap sama.

Arabika membutuhkan lebih banyak perhatian karena termasuk jenis sensitif terkena penyakit. Berbeda dengan Robusta yang lebih tangguh dan dapat ditanam di ketinggian rendah. Biji kopi Robusta tidak mudah rusak apabila terkena hama. Produksi dari keduanya tergolong berbeda karena perbedaan sistem penanaman

Segi Rasa

Arabika memiliki rasa yang cenderung lebih kaya. Kopi ini memiliki rasa manis, asam, kecut dan sedikit pahit. Bentuknya juga terlihat lebih solid dan seimbang. Untuk Robusta cenderung pahit dan rasanya cukup sederhana dan kuat pada aromanya. Perbedaan rasa dari kedua varietas ini membuatnya memiliki penggemar tersendiri.

Tingkat Kafein

Robusta menjadi pilihan bagi orang yang ingin terjaga sepanjang malam. Kadar kafein di dalamnya lebih tinggi ketimbang Arabika. Karena hal itu, cita rasa keduanya juga berbeda tergantung tingkat kafein. Untuk Robusta lebih pahit karena mengandung lebih banyak kafein. Robusta mengandung 2,7 persen kafein sedangkan Arabika hanya sebesar 1,5 persen.

Kadar Keasaman

Kopi termasuk dalam kategori minuman asam karena memiliki pH diantara lima hingga enam. Tiap jenis memiliki tingkat dan kadar yang berbeda-beda. Arabika memiliki biji dengan tingkat keasaman yang lebih tinggi. Berbeda dengan Robusta yang memiliki pH tinggi sehingga tingkat asamnya cukup rendah.

Bau dan Aroma

Perbedaan selanjutnya adalah pada Aroma. Biji arabika untuk baunya cenderung lebih floral atau seperti bau tanaman pada umumnya. Sedangkan Robusta cenderung mengeluarkan aroma yang sedikit membumi (earthy) dan seperti kacang-kacangan. Keduanya tetap memiliki ciri khas bau sebagai biji kopi.

Perbedaan Harga

Dari segi perawatan memang terlihat biji kopi mana yang memiliki harga lebih tinggi. Karena perkembang biakkan yang cenderung mebutuhkan waktu lebih lama, maka Arabika lebih mahal dari robusta. Arabika dapat mencapai harga dua kali lipat dari Robusta. Alasan tersebut yang membuat kedua kopi tersebut memiliki kelas yang berbeda.

Berikut tadi adalah penjelasan dari beda Robusta dan Arabica. Perbedaan yang mendasar membuat kedua kopi memiliki cita rasa, harga, bahkan kelas yang berbeda-beda. Bagi Anda pecinta kopi tidak masalah lebih suka Robusta atau Arabika, keduanya tetap jenis kopi yang memiliki manfaat dan nilai jual.

shares