Atasi Masalah Kesehatan, Ini 5 Manfaat Vitamin K yang Jarang Dioptimalkan

Atasi Masalah Kesehatan, Ini 5 Manfaat Vitamin K yang Jarang Dioptimalkan

Vitamin adalah komponen nutrisi yang harus dioptimalkan untuk menunjang kesehatan tubuh. Vitamin K adalah salah satu jenis vitamin yang manfaatnya sangat penting. Akan tetapi, manfaat vitamin K ini justru jarang dioptimalkan. Jangan anggap remeh, berikut ini fungsi vitamin K yang mampu mencegah berbagai masalah kesehatan.

  1. Melancarkan Proses Pembekuan Darah

Fungsi vitamin K yang sudah umum diketahui adalah melancarkan proses pembekuan darah. Fungsinya yang satu ini sangat penting karena mendukung pembekuan darah agar lebih cepat sebelum kehilangan banyak darah akibat terjadinya pendarahan. Pendarahan yang berlebihan tidak akan terjadi jika asupan vitamin K seseorang yang terluka ini memang sudah memadai.

Itulah poin pentingnya agar tak melupakan konsumsi vitamin K setiap hari. Manfaatnya juga akan dirasakan diri sendiri untuk mencegah terjadinya pendarahan, baik eksternal, maupun internal. Bahkan, bayi baru lahir juga disuntik vitamin K dalam kondisi tertentu agar tidak mengalami pendarahan berlebih yang dikenal dengan HDN (Haemorrhagic Disease of The Newborn)

  1. Mengoptimalkan Pemeliharaan Tulang

Kesehatan dan kekuatan tulang juga tak lepas dari khasiat vitamin K ini. Kesehatan tulang memang harus dijaga sejak dini agar mencegah terjadinya pengapuran atau osteoporosis yang umumnya akan terasa di usia tua. Osteoporosis ini harus dicegah agar tetap mampu dan lancar dalam beraktivitas di usia tua.

Mengingat besarnya keterlibatan vitamin K dalam pemeliharaan tulang, maka diharapkan Anda memenuhi asupan vitamin K sebelum terlambat. Tulang adalah bagian penting dari tubuh sebagai penopang tubuh. Aktivitas juga akan lebih lancar dan optimal jika tulang kuat.

  1. Melancarkan Aliran Darah

Kelancaran aliran darah sangat penting untuk menunjang berbagai fungsi tubuh. Lancarnya sirkulasi darah dapat ditunjang dengan mengonsumsi vitamin K secara memadai dan rutin. Anda harus mengingat hal ini dan terapkan asupan yang cukup untuk buah hati sebagai upaya pemeliharaan sejak dini.

Bagaimanapun juga, vitamin ini mampu melancarkan peredaran kalsium dari darah ke tulang seluruh tubuh. Dengan fungsinya ini, vitamin K juga mencegah terjadinya aterosklerosis yaitu penumpukan kalsium di pembuluh darah yang tentunya menyumbat sirkulasi darah.

  1. Mencegah Terjadinya Gangguan Jantung

Jantung adalah organ dalam manusia yang sangat vital. Fungsi jantung yang mengalirkan darah ke seluruh bagian tubuh menjadi komponen utama fungsi tubuh. Tanpa darah, semua fungsi organ akan berhenti. Tidak ada aliran sari makanan dan oksigen yang mengalir ke tubuh. Jadi, kesehatan jantung sangat penting untuk menunjang itu semua. Vitamin K mampu mengoptimalkannya.

Manfaat vitamin yang satu ini adalah menjaga kesehatan jantung agar aliran darahnya lancar tanpa penyumbatan. Seperti yang dijelaskan sebelumnya, adanya vitamin K mampu mencegah penyumbatan kalsium di pembuluh darah yang mengakibatkan gangguan pada jantung.

  1. Mencegah Kanker Paru-Paru dan Kanker Prostat

Kesehatan paru-paru juga sangat penting dan ternyata bisa dioptimalkan dengan mengonsumsi vitamin K. Bahkan, vitamin ini mampu mencegah kanker paru-paru. Tak hanya itu, konsumsi vitamin K yang memadai dan rutin akan mencegah terjadinya kanker prostat. Oleh karena itu, jangan pikir panjang lagi untuk memenuhi asupannya.

Berbagai manfaat vitamin K di atas sangat penting untuk menunjang fungsi tubuh. Oleh karena itu, penuhilah asupan vitamin K sebelum terlambat. Konsumsilah makanan yang mengandung vitamin penting ini. Anda bisa mengonsumsi sayuran hijau (brokoli, bayam, kale, bunga kol, kubis, dan lobak hijau), daging, ikan, telur, dan hati.

shares