Cara Menyimpan Daging di Kulkas Agar Daging Tetap Awet dan Segar

Cara Menyimpan Daging di Kulkas Agar Daging Tetap Awet dan Segar

Agar daging yang diolah enak dan aman dikonsumsi, maka harus disimpan di lemari es yang biasanya bisa bertahan hingga berminggu-minggu namun dengan catatan bahwa Anda harus memperhatikan cara menyimpan daging di kulkas dengan benar agar daging tetap tahap lama dan enak pada saat ingin dimasak.

Cara Menyimpan Daging yang Benar

  1. Bagi sesuai porsi untuk sekali masak

Cara menyimpan potongan daging pertama di lemari es adalah dengan memisahkan ayam untuk 1 kali masak. Misalnya, jika Anda ingin memasak tiga porsi sekaligus, pisahkan 3-4 potong ayam dalam satu wadah.

Oleh karena itu, saat Anda ingin memasak maka Anda tidak harus mengeluarkan semua ayam yang Anda butuhkan. Selain memudahkan Anda dalam mengambil ayam nantinya, cara ini juga menghindari perubahan suhu yang signifikan pada ayam.

  1. Gunakan wadah kedap udara

Tips selanjutnya adalah Anda sebaiknya menyimpan ayam dalam wadah kedap udara bisa dengan menggunakan kantong atau toples plastik makanan khusus yang kedap udara. Ini dilakukan agar ayam tidak terkontaminasi oleh bakteri. Karenanya, ayam di lemari es lebih bersih dan segar.

  1. Perhatikan durasi penyimpanan

cara menyimpan daging di kulkas berikutnya adalah dengan memperhatikan waktu penyimpanannya. Umumnya, ayam bisa disimpan di lemari es hingga 4 bulan. Oleh karena itu, jika Anda mengeluarkan ayam dari freezer hari ini, daging masih akan segar keesokan harinya dengan catatan daging disimpan pada bagian bawah freezer.

  1. Lakukan proses thawing

Apakah Anda familiar dengan kata thawing? Singkatnya, ini adalah proses penurunan suhu makanan beku secara bertahap. Hal ini dilakukan agar makanan beku yang dicairkan aman untuk dimakan dan dipertahankan rasanya. Anda perlu melakukan proses ini jika ayam disimpan di kulkas.

Anda dapat menggunakan beberapa metode pencairan. Pertama, keluarkan ayam dari freezer dan simpan di dalam bagian bawah kulkas. Proses pencairan memakan banyak waktu. Oleh karena itu, jika Anda ingin memasak besok, Anda dapat mengeluarkan ayam dari freezer pada malam hari.

Cara kedua, Anda bisa merendam ayam dalam air bersuhu ruangan. Proses pencairan dengan cara ini bisa lebih cepat. Caranya adalah dengan mengganti air setiap 20-30 menit agar ayam lebih cepat mencair. Untuk menjaga kebersihannya pastikan untuk memasukkan ayam ke dalam wadah atau plastik kedap udara saat direndam.

Tips Memasak Daging Ayam yang Enak

Untuk membuat masakan ayam Anda unik, jangan lupa tambahkan Maggi Maggic Lezat Rasa Ayam saat memasak. Maggi Maggic Lezat Rasa Ayam terbuat dari ayam, rempah-rempah, dan bumbu segar. Saat sang ibu memasak, partikel bumbu tersebut perlahan akan mengeluarkan aroma yang sedap dan rasa asin. Hal ini dikarenakan menu olahan ayam lebih enak dan rasa yang berbeda.

Pastikan untuk mengikuti cara menyimpan daging di kulkas yang benar agar awet dan aman untuk dimakan. Cara ini bisa digunakan untuk menyimpan daging ayam, daging sapi, daging kambing, dll. Daging yang disimpan dengan baik maka akan menjaga hasil masakan juga akan tetap enak.