Misi Nestlé untuk Pembangunan Pedesaan dan Pengembangan Pertanian

Misi Nestlé untuk Pembangunan Pedesaan dan Pengembangan Pertanian

Siapa yang tidak mengenal Nestlé. Telah hadir di perindustrian Indonesia sejak tahun 1971, hingga saat ini Nestlé masih tetap menguasai pasar Indonesia, khususnya untuk produk-produk kesehatan, makanan, dan minuman. Perusahaan yang berpusat di Vevey, Swiss ini terhitung sudah memiliki 2.000 merek dan semuanya turut berkontribusi untuk menciptakan masyarakat yang sehat dan ikut andil dalam pembangunan pedesaan.

Melalui program CSV atau Creating Shared Value, Nestlé berusaha berkolaborasi dan memberdayakan masyarakat sebagai mitra pemasok bahan baku. Sudah sejak lama Nestlé melakukan binaan, bimbingan, dan pelatihan kepada petani-petani dan masyarakat di pedesaan untuk menciptakan kebermanfaatan timbal balik antara kedua pihak, baik dari perusahaan maupun masyarakat.

Beberapa Contoh Produk Nestle

  1. Produk makanan dan minuman kesehatan

Sesuai dengan tujuan Nestlé untuk menciptakan manfaat terhadap masyarakat, beberapa produk Nestlé didominasi oleh produk kesehatan, khususnya untuk tumbuh kembang anak-anak. Sebagai contoh adalah Nutren Boost Optimum untuk membantu menjaga daya tahan tubuh, Nutren Diabetik untuk membantu para penderita diabetes dan mengontrol gula darah.

Tak hanya itu, ada juga Nutren Fibre yang merupakan makanan bergizi lengkap dengan serat tinggi dan mampu membantu menurunkan kolesterol dan menjaga kesehatan organ pencernaan.

Untuk anak-anak, terdapat Nutren Junior yang sangat baik untuk membantu memenuhi gizi anak di usia 1 hingga 10 tahun. Terakhir adalah Peptamen yang merupakan minuman whey dan membantu memenuhi gizi untuk orang yang mengalami masalah pencernaan.

  1. Produk kopi

Mungkin anak muda tidak akan asing dengan merek NESCAFÉ. Produk kopi dengan beraneka rasa mulai dari classic, cappuccino, mochaccino, ice, gold, dan tubruk ini memiliki rasa yang khas dan mantap untuk dijadikan teman beraktivitas. Menariknya, Nestlé bekerja sama dengan para petani lokal sebagai pemasok utama bahan produksinya sehingga bisa mendapatkan rasa yang otentik.

Peran Nestlé dalam Upaya Melakukan Pembangunan Pedesaan

  1. Telah membantu jutaan keluarga yang berkaitan langsung dengan bisnis

Seperti sudah dijelaskan di poin sebelumnya, Nestlé bekerja sama dengan para petani lokal untuk memasok bahan baku dalam produk-produknya, sebagai contoh adalah petani kopi dan peternak sapi. Selain mendapatkan bahan yang autentik, langkah ini juga secara langsung membantu perekonomian para petani yang sebagian besar masih belum mendapatkan penghasilan yang layak.

  1. Memberikan binaan

Tak hanya mengajak kerja sama dengan petani lokal saja, namun Nestlé juga secara rutin melakukan pembinaan terhadap petani kopi dan peternak sapi untuk meningkatkan kualitas dan menjaga mutu di tingkat yang terbaik.

Dengan program ini, diharapkan para petani di desa bisa menciptakan rasa profesionalitas terhadap diri mereka karena secara tidak langsung hasil kerja keras mereka akan dirasakan oleh seluruh masyarakat di Indonesia, bahkan di dunia.