Tips Memilih Bedak Bayi yang Aman

Tips Memilih Bedak Bayi yang Aman

Ibu pasti menginginkan bedak bayi terbaik untuk sang buah hati apalagi kulit bayi masih sangat sensitif sehingga bedak bayi dapat membantu menjaga agar kulit bayi tetap kering dan tidak muncul biang keringat dan iritasi.

Cara Memilih Bedak Bayi

Terdapat banyak pilihan bedak bayi yang dijual dipasaran namun pastikan anda memilih bedak bayi yang tepat untuk si kecil. Gunakan bedak tabur langsung ke tangan ibu terlebih dahulu baru dioleskan ke tubuh bayi. Berikut terdapat beberapa tips memilih bedak bayi yang aman.

  1. Bebas talc

Tips pertama yaitu pilihlah bedak bayi yang bebas talc. Untuk mengetahuinya, anda bisa memeriksa kandungan bedak yang tertera pada kemasan bedak bayi. Talc dapat menyebabkan gangguan pada paru-paru yang cukup berbahaya apabila terhirup dan digunakan dalam jangka panjang.

Memang banyak bedak yang mengandung talc bukan hanya bedak bayi namun juga orang dewasa karena dikatakan dapat membuat kulit menjadi lebih halus. Namun seiring berjalannya waktu talc mulai jarang digunakan karena dapat menyebabkan gangguan pernapasan pada bayi.

  1. Tidak mengandung pewangi sintetis

Penggunaan bedak memang akan memberikan wangi yang lebih harum dan tahan lama pada kulit bayi namun pastikan bahwa aroma tersebut bukan berasal dari pewangi sintetis. Hal ini karena pewangi sintetis seperti parfum mengandung bahan-bahan kimia yang dapat mengiritasi kulit bayi. Sebaiknya pilih bedak dengan aroma yang lembut dan tidak terlalu kuat yang biasanya dihasilkan dari bahan-bahan alami.

  1. Gunakan bedak cair

Lebih banyak orang tua yang menggunakan bedak tabur untuk si buah hati. Namun ternyata partikel-partikel kecil pada bedak dapat berbahaya apabila terhirup oleh bayi yang jika terjadi dalam jangka waktu panjang dapat menyebabkan gangguan pada organ pernapasan. Salah satu alternatifnya yaitu dengan menggunakan bedak cair karena lebih lembut dan mudah diaplikasikan tanpa adanya partikel-partikel yang berterbangan dan masuk melalui saluran pernapasan.

  1. Mengandung formulasi Acti Natura

Bedak cair memiliki tekstur seperti lotion sehingga tidak akan menimbulkan debu-debu bedak yang beresiko terhirup oleh bayi. Bedak bayi cair biasanya mengandung Acti Natura yang dapat menjaga kelembapan kulit bayi agar tetap halus dan tidak kering serta mencegah timbulnya iritasi.

  1. Dapat digunakan pada wajah

Bedak tabur memang disarankan untuk tidak digunakan pada area wajah karena dapat terhirup. Sebagai gantinya anda bisa menggunakan bedak cair yang bisa digunakan pada area wajah karena lebih aman karena tidak menghasilkan debu yang berterbangan dan mencegah terhirupnya partikel bedak oleh bayi.

  1. Mudah meresap

Bedak bayi yang aman yaitu bedak yang mudah meresap. Bedak yang sulit meresap dapat menyebabkan bayi menjadi kurang nyaman dan bisa saja terhirup apalagi jika menggunakan bedak tabur. Kulit bayi juga akan menjadi lengket dan bedak akan menggumpal apabila bedak tidak meresap dengan sempurna. Maka dari itu pastikan untuk memilih formula bedak bayi yang lebih mudah meresap.

  1. Teruji secara dermatologis

Pastikan bedak bayi yang anda pilih telah teruji secara dermatologis dan juga sudah terdaftar di BPOM (Badan Pengawas Obat dan Makanan). Produk ini biasanya sudah terbukti aman untuk digunakan pada bayi.

Anda bisa memilih bedak bayi sesuai dengan kebutuhan dan mana yang cocok untuk kulit bayi anda. Namun pastikan untuk menjauhkan bedak bayi dari mata, hidung, dan mulut agar tidak menyebabkan ganggunan pernapasan dan penglihatan pada bayi.

shares