Yuk, Intip Keindahan Objek Wisata di Danau Sentarum!

Yuk, Intip Keindahan Objek Wisata di Danau Sentarum!

Saat ini di Indonesia pengembangan industri kreatif telah berkembang pesat, terutama dalam pemanfaatan lokasi untuk dijadikan objek wisata alam. Salah satu dari banyaknya objek wisata yang kian berkembang di Indonesia adalah Danau Sentarum.

Objek wisata alam ini terletak di Kabupaten Kapuas Hulu, Provinsi Kalimantan Barat. Lokasi ini awalnya dikenal sebagai cagar alam dan suaka margasatwa. Namun, dengan kreativitas yang dimiliki masyarakat sekitar akhirnya lokasi ini dikembangkan sebagai objek wisata untuk meningkatkan kesejahteraan.

Apa Sih yang Membuat Danau Ini Begitu Unik?

Perlu kamu tahu, alasan danau ini dijadikan objek wisata karena keindahan dan kekayaan alam yang ada di sana. Ada beberapa keunikan lokasi wisata ini yang menjadi ikonik, sehingga mampu menarik para wisatawan.

1. Kaya Akan Jenis-Jenis Ikan Air Tawar.

Pada danau ini banyak jenis ikan-ikan air tawar, seperti jelawat, arwana, toman dan masih banyak lagi. Karena itulah danau ini dijadikan sumber mata pencaharian oleh sebagian penduduk sekitar sebagai nelayan.

Saat mengunjungi danau ini kamu juga bisa lho, menikmati suasana memancing di sana. Jadi tidak hanya dijadikan sumber mata pencaharian masyarakat, tapi danau ini juga bisa dijadikan area pemancingan oleh para wisatawan yang berkunjung

2. Musim yang Berpengaruh pada Danau Ini

Disebut juga sebagai danau musiman. Pada saat musim hujan, air yang turun akan meluap dan membentuk sebuah danau. Sedangkan pada musim kemarau, danau ini akan mengalirkan airnya ke sungai Kapuas, sehingga danau ini akan menyusut dan kering.

3. Jenis Air Gambut

Jenis air Gambut pada danau ini menyebabkan warna air tersebut berwarna hitam kemerahan, karena memiliki kandungan Gambut. Gambut sendiri terbentuk dari tumbuhan dan bangkai hewan yang tertimbun selama ribuan tahun.

4. Memiliki Banyak Spesies Flora dan Fauna

Di Sentarum memiliki banyak spesies flora dan fauna. Penelitian yang dilakukan di sana pernah menyatakan bahwa terdapat 675 spesies flora dan fauna serta terdapat 147 spesies mamalia, 237 jenis-jenis burung, dan juga 26 spesies reptil.

5. Ditetapkan Sebagai Taman Nasional

Pada awalnya danau ini berstatus cagar alam sejak tahun 1981- 1982 dan juga suaka margasatwa sejak 1983. Namun, pada tahun 1999 telah ditetapkan menjadi Taman Nasional Danau Sentarum.

6. Pemandangan Pemukiman Warga

Sepanjang perjalanan menyusuri danau ini, kamu akan disuguhkan pemandangan dari pemukiman warga sekitar. Beberapa warga yang mendiami pemukiman ini berasal dari beberapa suku, seperti Dayak Iban, Sebaruk, Punan, Kenyah, dan Sontas.

Masyarakat di sini telah terbiasa menggunakan akses transportasi sehari-harinya menggunakan danau ini. Dengan begitu, mereka membangun rumah di sekitar danau dengan sebutan rumah panjang.

Bagaimana Akses Menuju Lokasi Tersebut?

Jika kamu ingin mengunjungi wisata ini kamu dapat menaiki transportasi via darat,laut, maupun udara.  Berikut adalah beberapa akses yang dapat kamu tempuh:

1. Melewati Darat

Jika melewati darat maka akan memakan waktu selama 11-14 jam untuk menuju lokasi ini. Rute yang dapat kamu tempuh adalah melewati Pontianak-Sintang-Semitau. Jika sudah sampai di Semitau lalu disambung dengan perahu motor tujuan Desa Lanjak.

2. Lewat Sungai

Kamu juga bisa menyusuri Sungai Kapuas untuk sampai ke lokasi ini dengan menaiki speed boat. Rutenya adalah Sintang-Semitau sampai danau yang memakan waktu selama 4 jam.

3. Via Udara

Tidak hanya melewati darat dan sungai, kamu juga bisa mengambil rute melalui udara. Kamu dapat mengambil penerbangan dari Pontianak ke Putussibau selama 45 menit. Lalu disambung dengan perjalanan darat menuju Lanjak selama 2-3 jam.

Kegiatan yang Sangat Sayang untuk Dilewatkan

Jika kamu berencana untuk menikmati objek wisata ini, jangan sampai melewatkan kegiatan berikut, ya. Apa aja sih, yuk kita lihat bersama!

1. Melihat Savana Saat Musim Kemarau

Biasanya saat musim kemarau danau ini akan mengering, sehingga kamu dapat melihat hamparan tanah kering yang luas seperti layaknya pemandangan di savana. Jangan lupa untuk mengabadikan foto di sana, karena kapan lagi bisa mengunjungi savana Indonesia.

2. Wisata Panen Madu 

Masyarakat suku Dayak yang tinggal di sekitar danau, biasa membudidayakan lebah madu. Kegiatan inilah yang menjadi atraksi memukau untuk wisatawan. Biasanya acara panen madu ikut mengisi karnaval budaya dan festival minum madu.

3. Menaiki Bukit Takenang

Bukit takenang merupakan salah satu tempat wisata Danau Sentarum yang diminati oleh wisatawan. Pasalnya, jika kita sampai di atas bukit Takenang, kita akan dapat melihat betapa luas dan indahnya danau ini.

4. Memancing Ikan

Saat musim kemarau merupakan momen yang pas untuk memancing ikan air tawar, karena ikan-ikan akan berkumpul di kolam-kolam karena air pada danau tersebut menyusut. Pastikan datang saat musim kemarau ya, dijamin akan panen besar.

Memanfaatkan kekayaan alam sekitar untuk dijadikan objek wisata alam merupakan pilihan cerdas. Dari situlah, selain mengenalkan kekayaan alam Indonesia juga dapat meningkatkan taraf ekonomi warga yang tinggal di lingkungan sekitar. Yuk, mari sama-sama cintai kekayaan objek wisata Indonesia.